PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PENGENALAN METODE STATISTIKA UNTUK DATA HILANG

Authors

  • Endang S. Kresnawati Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Yulia Resti Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Novi R. Dewi Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Irsyadi Yani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Marwani Marwani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.51630/jps.v4i1.181

Keywords:

Data Hilang, Literasi Sains, Metode Statistika

Abstract

Kemampuan literasi sains yang baik berkontribusi secara signifikan terhadap kemajuan bangsa. Sebagai generasi penerus, sepatutnya siswa Sekolah Mengengah Atas (SMA) dibekali banyak pengetahuan guna meningkatkan literasi sains yang mereka miliki termasuk dalam menangani data atau pengamatan yang hilang, mengingat saat ini merupakan era big data. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan ini bertujuan mengenalkan metode-metode statistika dalam mengatasi data hilang. Pengetahuan ini diharapkan dapat menguatkan literasi sains siswa SMA Kartini Palembang, yang merupakan sekolah swasta yang berada sekitar 1 km di belakang kampus Universitas Sriwijaya. Sekolah ini memiliki akreditasi B dan fokus untuk peminatan IPA. Berdasarkan pra-test dan post-test terkait pengetahuan dasar tentang metode statistika dalan menangani daa hikang, hasil kegiatan menunjukkan bahwa literasi sains dan numerasi khalayak sasaran meningkat signifikan. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % untuk khalayak sasarn menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan, Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test secara signifikan mengalami peningkatan. Artinya kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan implikasi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi mereka.

Downloads

Published

2025-07-09