PENGUATAN LITERASI SAINS MELALUI PENGENALAN METODE STATISTIKA UNTUK DATA HILANG
DOI:
https://doi.org/10.51630/jps.v4i1.181Keywords:
Data Hilang, Literasi Sains, Metode StatistikaAbstract
Kemampuan literasi sains yang baik berkontribusi secara signifikan terhadap kemajuan bangsa. Sebagai generasi penerus, sepatutnya siswa Sekolah Mengengah Atas (SMA) dibekali banyak pengetahuan guna meningkatkan literasi sains yang mereka miliki termasuk dalam menangani data atau pengamatan yang hilang, mengingat saat ini merupakan era big data. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan ini bertujuan mengenalkan metode-metode statistika dalam mengatasi data hilang. Pengetahuan ini diharapkan dapat menguatkan literasi sains siswa SMA Kartini Palembang, yang merupakan sekolah swasta yang berada sekitar 1 km di belakang kampus Universitas Sriwijaya. Sekolah ini memiliki akreditasi B dan fokus untuk peminatan IPA. Berdasarkan pra-test dan post-test terkait pengetahuan dasar tentang metode statistika dalan menangani daa hikang, hasil kegiatan menunjukkan bahwa literasi sains dan numerasi khalayak sasaran meningkat signifikan. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % untuk khalayak sasarn menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan, Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test secara signifikan mengalami peningkatan. Artinya kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan implikasi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi mereka.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pelita Sriwijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.